Home > Artikel lainnya > Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi Kesehatan Tulang Punggung

Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi Kesehatan Tulang Punggung

Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi Kesehatan Tulang Punggung

Kita tahu bahwa olah raga bersepeda baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Tubuh kita akan diajak bergerak secara berirama seiring gerakan mengayun. Selain itu, efek dari olah raga bersepeda secara psikologis juga sangat bagus. Dengan bersepeda maka kita sekaligus berjalan-jalan menyegarkan pikiran dengan pemandangan yang kita lihat di perjalanan.

Untuk tulang punggung juga bagus. Mengapa? Gerakan bersepeda memungkinkan kita dapat memperbaiki posisi tulang punggung. Saat kita mengayuh sepeda, maka tangan yang kita gunakan untuk mengendalikan sepeda dapat sedikit melakukan gerakan menekan dan menarik tulang punggung. Apalagi jika track yang dilewati tidak rata.

Saat jalanan terdapat hambatan maka tangan kita akan menekan punggung sekaligus meregangkanya pada saat yang hampir bersamaan. Gerakan cepat ini secara tidak sengaja menjadi stimulais yang bagus untuk tulang punggung.

Bahkan bersepeda dapat dijadikan terapi untuk mengobati sakit punggung. Untuk membuktikan hal ini, silahkan Anda mencoba untuk bersepeda setiap hari secara rutin. Mengapa demikian? Karena nyeri pada bagian punggung umumnya diakibatkan lempengan disc pada tulang punggung kurang terlatih sehingga tulang punggung sulit untuk mendapat nutrisi yang cukup. Dengan bersepeda, maka lempengan itu akan bergerak dan terlatih kinerjanya.

Jika keluhan sakit punggung sudah terlalu parah maka salah satu terapi untuk menyembuhkan sakit punggung yang bisa dilakukan adalah NTS atau Neuro Tendon Stimulation. Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan posisi tulang belakang yang terjadi perubahan. Sakit saraf kejepit disebabkan oleh bantalan antar tulang yang disebut disk menekan saraf. Dengan terapi ini maka posisi disk tersebut dapat diperbaiki pada posisi yang benar sehingga tidak menekan saraf.