Home > Artikel lainnya > 4 Sikap Tubuh Kurang Sehat

4 Sikap Tubuh Kurang Sehat

0304

Sarafkejepit.com – Sikap tubuh yang kurang sehat secara otomatis akan berdampak pada postur tubuh seseorang dan jika terus menerus didiamkandapat menimbulkan kelainan pada bagian tulang belakang. Untuk jenis kelainan yang ditimbulkan dari kesalahan postur tubuh ini berbeda-beda. Selain dapat berupa skoliosis (kondisi tulang belakang abnormal yang melengkung ke arah samping), juga dapat berupa kyphosis (kondisi tulang belakang yang membongkok ke arah samping).
Berikut adalah 4 sikap tubuh yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tulang belakang:
1. Posisi Duduk Membungkuk
Kebiasaan duduk dengan posisi membungkuk memang seringkali membuat orang merasa nyaman sehingga tanpa disadari posisi duduk yang demikian terus berlanjut. Penggunaan kursi yang tidak ergonomis dapat membentuk postur tubuh orang menjadi membungkuk, selain itu ketinggian kursi yang melebihi meja juga dapat membentuk postur tubuh membungkuk. Tapi, posisi meja yang terlalu rendah juga dapat menuntut posisi seseorang saat menulis menjadi membungkuk. Jadi ketinggian antara kursi dan meja harus seimbang. Jika kebiasaan buruk ini terus berlanjut dapat mengakibatkan kyphosis. Jika masih dalam taraf ringan, kyphosis dapat diatasi dengan latihan dan senam untuk memperbaiki postur tubuh sekaligus menguatkan otot-otot tubuh.
2. Posisi Duduk Miring
Posisi ketinggian kursi yang tidak seimbang dengan meja serta kondisi kursi yang tidak ergonomis dapat membentuk seseorang duduk dengan posisi miring. Jika hal ini dibiarkan, lambat laun kebiasaan duduk miring seperti ini dapat menjadi kebiasaan yang akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tulang dan otot yang dipaksa untuk bekerja ekstra keras melakukan penyesuaian dengan posisi tubuh. Kondisi seperti ini secara langsung dapat menyebabkan timbulnya rasa pegal dan nyeri di bagian punggung dan pinggang dan jika tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan timbulnya kelainan skoliosis. Jika pembengkokan tulang tidak lebih dari 200 dapat diatasi dengan melakukan senam untuk menguatkan kondisi otot dan membentuk postur tubuh.
3. Membawa Beban Berat
Membawa tas pada salah satu sisi bahu dan dengan kondisi beban tas yang terlalu berat dapat memicu timbulnya ketegangan otot dan jika kondisi ini berlangsung selama terus menerus dapat menyebabkan perubahan postur. Jika perubahan postur sampai mengakibatkan bahu tinggi sebelah, kepala miring, serta panggul juga tinggi sebelah maka perlu dilakukan rontgen untuk mengetahui apakah kelainan tersebut jenis kelainan skoliosis. Jika sudah diketahui jenis kelainannya, dapat ditentukan penanganan yang sesuai.
4. Menulis Sambil Tiduran
Posisi menulis sambil tiduran dapat menimbulkan keluhan nyeri leher, punggung, serta bahu akibat adanya ketegangan otot. Posisi seperti ini memang tidak sampai menyebabkan skoliosis, akan tetapi jika posisi yang kurang sehat ini dijadika kebiasaan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.
Posisi tengkurang dapat menimbulkan tekanan pada dada dan paru-paru dan hal ini berarti menghambat arus sirkulasi oksigen dalam tubuh. Padahal, kelancaran sirkulasi oksigen diperlukan otak untuk berkonsentrasi dan jika asupan oksigen mengalami hambatan seseoarang dapat mudah mengantuk. Selain itu, posisi menulis sambil tidur membuat jarak pandang mata ke buku menjadi lebih dekat dan ini tidak baik bagi kesehatan mata.
Sumber: health.kompas.com