Home > Artikel lainnya > Mengetahui Penyebab Lumbago

Mengetahui Penyebab Lumbago

0603

Sarafkejepit.com – Tahukah Anda apa itu Lumbago? Lumbago merupakan nama lain dari sakit pinggang. Lumbago atau Low Back Pain ini merupakan jenis penyakit neurologis paling umum kedua setelah sakit kepala. Kebanyakan orang dewasa dengan usia dibawah 45 tahun mengeluhkan jenis penyakit yang merupakan perwujudan dari nyeri tulang belakang ini, bahkan tidak sedikit orang-orang yang kehilangan waktu efektif kerja akibat terserang nyeri tulang belakang ataupun nyeri pinggang yang merupakan bagian dari nyeri tulang belakng, dan berikut adalah beberapa penyebab timbulnya nyeri pinggang:

Nyeri Cakram Tulang Belakang
Rasa nyeri pada bagian pinggang dapat disebabkan adanya salah satu dari cakram tulang belakang yang sedikit terdorong keluar. Pada kebanyakan kasus, ini merupakan hal yang normal terjadi. Biasanya ini disebabkan penggembungan cakram akibat penuaan. Bahkan kondisi ini sebenarnya bukanlah suatu penyakit karena pada dasarnya ini hanya merupakan suatu kondisi cakram yang kehilangan daya elastisitas dan kadar air terkait dengan pertambahan usia.

Nyeri Sendi Facet
Sendi facot ini ditopang dengan dua saraf sehingga apabila salah satu dari saraf penopang tersebut terjepit atau mengalami peradangan akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat.

Spinal Stenosis
Spinal stenosis terjadi pada saat kanal tulang belakang mengalami penyempitan yang mengakibatkan saraf terdesak dan menimbulkan rasa sakit. Penyempitan kanal tulang belakang sendiri biasanya disebabkan radang sendi.

Salah Posisi Angkat Barang
Mengangkat beban berat dalam posisi yang tidak tepat dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian pinggang. Ini merupakan penyebab yang paling sering dijumpai pada kasus sakit pinggang. Salah posisi pada waktu mengangkat beban berat ini menjadikan cakram, otot, dan ligmen berada pada tekanan yang terlalu berat.

Saraf Kejepit
Posisi cakram tulang belakang yang terdorong keluar dan menekan saraf sering kali menimblkan peradangan saraf yang disertai linu dan nyeri pada bagian pinggang. Keadaan seperti ini lazim disebut dengan ‘sciatica’ yang menyerang bagian kaki, pantat, serta pinggang bagian bawah.

Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan bentuk umum arthritis yang diakibatkan penambahan usia. Semakin tua usia, daya kompresibel tulang rawan pun semakin berkurang, tak hanya itu, kondisi tulang rawan pun semakin menipis. Tidak mengherankan jika gesekan antar tulang mengakibatkan iritasi mekanis dan rasa sakit.

Fibromyalgia
Fibromyalgia lebih sering menyerang kaum perempuan. Hal ini biasanya disebabkan pengolahan mekanisme otak yang bersifat hipersensitif terhadap jenis masukan sensorik.

Masalah Kesehatan Lain
Sakit pinggang dapat juga merupakan tanda dari gejala jenis penyakit lain diluar pinggang, seperti kanker, penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya, hilangnya kontrol kandung kemis, dan sebagainya.

Sumber: painkillerclinic.wordpress.com