Home > Artikel lainnya > Kesemutan Saat Bangun Tidur

Kesemutan Saat Bangun Tidur

kesemutan

Kadang kalanya kita akan mengalami kesemutan pada saat bangun tidur. Dalam beberapa hal, kadang kesemutan itu terjadi di tangan ataupun di kaki, dan pada bagian badan yang lain. Beberapa orang akan merasakan kesemutan itu menghilang setelah beberapa menit, namun ada yang dapat merasakannya dalam waktu yang lebih lama. Apa penyebab dari kesemutan ini sebenarnya?

dr Janfrional menjelaskan bahwa ada beberapa penyebab dari kesemutan ini. Hal ini dapat terjadi karena adanya suatu gangguan atau penekanan atau penjepitan syaraf tepi yang terjadi karena adanya kesalahan pada posisi tidur yang menekan saraf tepi di suatu daerah tersebut. Penekanan saraf tepi yang terjadi pada orang normal dapat menyebabkan kesemutan yang kemudian dapat hilang dengan sendirinya, dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan agar kesemutan itu hilang masih belum ada patokannya secara medis. Namun jika gejala kesemutan itu dapat hilang dengan sendirinya, kemungkinan besar hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika gejala kesemutan tersebut yang dapat hilang pada pagi hari namun akan timbul lagi setelahnya (biasanya saat beraktifitas), hal ini perlu diperhatikan. Sebaiknya perlu diperiksakan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan yang lengkap.

Pemeriksaan diperlukan karena jika terjadi gangguan saraf tepi, khususnya pada bagian tangan dan jari juga sering terjadi pada kondisi diabetes mellitus, peradangan persendian, konsumsi alkohol yang berlebihan, kekurangan vitamin B12, dan kondisi penjepitan saraf tepi yang spesifik seperti “carpal tunnel syndrome”. Dengan berbagai kemungkinan tersebut, pemeriksaan kesehatan umum (general check up) secara rutin dan berkala menjadi penting agar dapat menyingkirkan berbagai gejala penyakit yang lebih serius.

Sebagai pencegahan, ada baiknya memperbaiki asupan vitamin harian yang mengandung vitamin B, terutama B12. Pemakaian suplemen ini akan menunjang kesehatan dan fungsi dari saraf tepi. Namun hal ini juga sebaiknya juga dengan diiringi kebiasaan yang sehat, seperti menghindari konsumsi alkohol.

sumber: http://id.she.yahoo.com/kesemutan-saat-bagun-tidur-095821390.html